Sejarah Desa Purwodadi

PERUBAHAN DAN KEMAJUAN DESA PURWODADI KECAMATAN RINGINREJO KABUPATEN KEDIRI

KONDISI  DESA
Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri tidak berbeda dengan desa-desa lain di Wilayah Kecamatan Ringinrejo dan Kabupaten Kediri yang secara umum masyarakatnya bermata  pencaharian petani, pedagang, industri kecil dan juga didukung Sumber Daya Manusia dan Sumber daya Alam yang ada merupakan tumpuan sebagian masyarakat desa

Wilayah Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo sebagian besar merupakan tanah garapan berupa tanah sawah dan  tanah tegalan, dengan hasil utama berupa padi dan palawija.

Masyarakat Desa Purwodadi dalam pelaksanaan kegiatan perekonomian lebih bertumpu pada Sektor pertanian, Perdagangan, Industri Kecil yang juga didukung sumber daya alam dan sumber daya manusia dapat dijadikan harapan untuk diolah dan digali serta ditingkatkan dengan berbagai cara intensif dan konstruktif, sehingga  Desa Purwodadi bisa  meraih keberhasilan baik secara ekonomi, fisik maupun sektor lain.

SEJARAH DESA
Asal usul Desa Purwodadi awalnya adalah Desa Selodono, kemudian setelah tahun 1965 dipecah menjadi 2 desa yaitu Desa Selodono dan Desa Purwodadi.  Pada tahun 1966-1967 ada instruksi dari Bupati Kediri bahwa desa yang mempunyai nama dari tokoh-tokoh PKI di perintahkan untuk dirubah.  Di karenakan Desa Purwodadi berasal dari salah satu tokoh PKI yaitu Carik Purwo, maka diganti dengan nama Sumberdadi.  Untuk lebih memantapkan keberadaan desa Purwodadi, maka nama Sumberdadi dirubah menjadi nama Purwodadi.  Hal ini berkelanjutan sampai sekarang dengan nama desa yaitu Purwodadi.

Arti kata Purwodadi yaitu : kata “Purwo” berarti “wiwitan”, sedangkan “dadi” berarti “menjadi”.  Sehingga kata Purwodadi berarti “Desa yang Menjadi Makmur dalam Keadilan, Adil dalam Kemakmuran”.

Foto Balai Desa Purwodadi dan kegiatan Desa Tahun 1985

Perubahan dan kemajuan desa
Pada tahun  2000  Desa Purwodadi Kecamatan Kandat  berubah menjadi Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo  yang pada saat  itu dipimpin oleh kepala Desa NURYAHMAN sampai dengan tahun 2013 .

seiring  perkembangan zaman  desa kecil ini mulai berbenah mulai dari pembangunan fisik dan non fisik . Terwujud dengan  upaya  rehabilitasi gedung kantor desa  dan pembangunan infrastruktur jalan  yang sumber dananya berasal  dari  Dana Bantuan  serta Swadaya / Partisipasi masyarakat .

  • Foto fisik pembangunan dan kegiatan.

Sejak  tahun 2014  Desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo semakin  meningkat dalam berbagai  bidang , baik dalam Pemerintahan , Pembinaan kemasyarakatan , Pembangunan  dan Pemberdayaan .

dari usaha keras dan di sertai tanggung jawab  di raihlah beberapa prestasi dalam kemajuan  desa,  terlebih  partisipasi masyarakat / swadaya yang semakin meningkat.

  • Foto kegiatan desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo
  • Foto prestasi desa Purwodadi Kecamatan Ringinrejo

Alamat Kantor Kelurahan Ds. Purwodadi:
Purwodadi, Kras, Kediri, East Java 64172, Indonesia

Email:
desapurwodadi@gmail.com

Phone:
(0354)665517