Program Desa Purwodadi

     Pada tahun 2014 desa Purwodadi mulai berbenah, selain dibidang pemerintahan dan pelayanan , pembenahan juga dilakukan di bidang – bidang yang lain. Selain pembangunan fisik, pembangunan masyarakatnya juga tidak dilupakan. Hal ini di terapkan dalam program – program baru yang coba dijalankan di desa purwodadi. Yang sampai saat ini masih berjalan dan semakin berkembang adalah lomba 5K antar RT dan Gapoktan.
     Gagasan lomba 5K muncul saat kepala desa yang saat itu baru menjabat merasa prihatin dengan keadaan lingkungan yang belum begitu terjaga kebersihan dan kerapihannya. Beliau ingin menumbuhkan kesadaaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan sekitar. Akhirnya muncullah ide mengadakan lomba 5K antar RT. Lomba ini secara tidak langsung memancing kepedulian masyarakat akan kebersihan lingkungannya serta kreatifitas warga untuk memperindah lingkungan RT nya agar bisa menang dalam lomba tersebut.
Adapun Aspek penialian dari lomba 5K adalah sebagi berikut:
1.KEINDAHAN
Meliputi :

a. Keindahan Jalan
b. Keindahan Halaman
c. Keindahan lingkungan sekitar rumah
d. Inovasi RT dalam peningkatan Keindahan
2.KEBERSIHAN
Meliputi :

a. Kebersihan Jalan
b. Kebersihan Halaman
c. Kebersihan lingkungan sekitar rumah
3.KEAMANAN
Meliputi : a. Keamanan Lingkungan dalam 1 RT
b. Ketersediaan POSKAMLING
4.KETERTIBAN
Meliputi :

a. Administrasi / Data Induk warga
b. Kepatuhan warga RT dalam pembayaran PBB
c. Kepatuhan warga dalam kegiatan Desa
d. Daftar hadir / dokumentasi kegiatan
5.KEKELUARGAAN / KEGOTONG ROYONGAN
Meliputi :

Piala lomba 5 K

Para RT berprestasi

a. Kerja sama antar warga dalam 1 RT
b. Musyawaroh tingkat RT
c. Kegiatan pemberdayaan ekonomi / arisan
d. Hubungan social dalam 1 RT
Pada awal pelaksaanaan program ini,aspek penilaian hanya meliputi 5K, kemudian ditahun 2016 aspek penialian ditambah dengan kelengkapan administrasi RT dan kegiatan yang dilaksanaan oleh lingkungan RT juga menjadi poin penilain.
Program ini terbukti suskses menjadi penggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan, keindahan ,kebersamaan dan kegotong royongan. Mereka berhasil mengkoordinir warganya untuk berperan dalam program desa.

Keadaan sepanjang jalan desa Purwodadi


Kegiatan Peningkatan Kebersihan Lingkungan Desa ( Kegiatan 5-K ) ini menjadi agenda rutin desa yang dilaksanakan setiap bulan Agustus dan teranggar di dalam APBDesa Purwodadi Tahun berkenaan . Pembelanjaan APBDesa pada Kegiatan Peningkatan Kebersihan Lingkungan Desa ( Kegiatan 5-K ) ini untuk memberikan Apresiasi Reward dan semangat kepada RT karena peran aktifnya di dalam Program / Kegiatan Desa.
Kegiatan Peningkatan Kebersihan Lingkungan Desa ( lomba 5-K) yang telah di laksanakan sejak tahun 2014 s/d 2016 adalah inspirasi dari Kepala Desa Purwodadi yang di dalam pelaksanaanya pastilah terdapat kekurangan sehingga masukan dan koreksi dari berbagai pihak sangatlah di harapkan agar kedepanya semakin baik dan maksimal . Inovasi yang dilakukan pemerintaha desa Purwodadi ini selain memberikan dampak ke masyarakat juga memberikan dampak ke pemerintahan desa. Hal ini dapat dilihat dari kemenangan yang diraih Desa Purwodadi pada ajang desa Award kabupaten kediri tahun 2016. Menjadi salah satu nominasi dan kemudian berhasil menjuarai desa Award kategori “ Pengelolaan lingkungan” . Hal ini tercapai tak lepas dari peran serta seluruh masyarakat desa yang dengan semangat gotong royong ikut menjaga dan memperindah lingkungannya.
Untuk peningkatan peran serta masyarakat selain mengadakan lomba 5K, pemerintahan desa Purwodadi juga berhasil membentuk GAPOKTAN ( Gabungan Kelompok Tani ) . Kelompok ini bergerak di bidang pertanian, untuk kemajuan pertanian dan kesejahteraan petani desa Purwodadi. Pada tahun 2016 lalu GAPOKTAN desa purwodadi mendapat bantuan dari dinas pertanian sebesar 100 juta rupiah. Dana tersebut 40% dipergunakan untuk operasional kelompok, pengadaan pupuk, obat – obatan pertanian dan bibit pagi petani. Sedangkan 60% nya diputar guna meningkatkan ekonomi anggota kelompok tani berupa simpan pinjam berbasis koperasi.


KESENIAN DAN BUDAYA KHAS DESA
Kesenian di desa purwodadi mulai bangkit kembali pada tahun 2014, dimana pemerintahan memberikan dukungan, wadah dan sarana untuk berembang. Kesenin yang berkembang di desa Purwodadi meliuti kesenian tradisional jawa maupun kesenian islami. Hal ini dapat tercipta karena pemerintahan desa selalu mendukung potensi – potensi yang ada selama potensi tersebut bersifat positif.
Dukungan pihak pemerintahan desa meliputi pemberian dukungan sarana, maupun wadah untuk tampil. Selain itu pemerintahan desa juga memberi kemudahan bagi para pelaku seni untuk mendapatkan izin untuk tampil, latihan dan pengajuan nomer induk ke dinas terkait. Wadah bagi para pelaku seni untuk menunjukkan karyanya adalah dengan tampil pada acara – acara desa, sesuai dengan bidangnya. Misal kesenian jaranan dan karawitan akan tampil dalam acara bersih desa, peringatan HUT RI, maupun acara – acara desa lainnya. Sedangkan kesenian islami yang saat ini berkembang dengan pesat adalah hadroh rebana remaja. Mereka akan tampil dalam acara – acara peringatan hari besar keagamaan.

Karawitan

Pementasan Jaranan

Hadroh Remaja Masjid

Selain itu para pelaku seni secara berkala akan sharing bertukar pendapat serta masalah dengan kepala desa . Hal ini dilakukan demi kemajuan dan terjaganya kelestarian kesenian desa. Sehingga dapat tercapainya keseimbangan dalam kemajemukan sehingga dapat tercipta kehidupan bermasyarakat yang Rukun, Islami dan nasionalis

Alamat Kantor Desa Purwodadi:
Jln Bromo Dusun Purwodadi RT 003 RW 002, Kecamatan Ringinrejo kabupaten Kediri, Jawa Timur 64176, Indonesia

Email:
purwodadiringinrejo@gmail.com

Phone:
(0354)413600